Hanya Tiga Paslon Ikut Pilkada Bengkulu Selatan, Kemana Arah Budiman?

  • Whatsapp
Budiman Ismaun
Budiman Ismaun.
jadwal-sholat

BENGKULU SELATAN | TheBlusukan.com Konstelasi politik di Bumi Sekundang Setungguan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kian dinamis dan mulai mengerucut kepada tiga figur utama, yakni Petahana Gusnan Mulyadi, Hartawan dan Dewi Sartika alias Rika Yohan.

Sementara Budiman Ismaun, diprediksi akan gugur sebelum bertempur —gagal pada babak pencalonan— kalau telat mengirim pingbacklink kepada salah satu partai politik (Parpol) pemilik tiga kursi di parlemen.

Read More

banner 970180

Informasi terhimpun dari sejumlah elit politik, Gusnan dipastikan hanya mendapat dukungan/pengusung Partai Nasional Demokrat (empat kursi) dan Partai Berkarya (satu kursi). Namun tetap berpeluang merebut Partai Golkar (tiga kursi), kalau syarat parpol berlambang pohon beringin ini —menjadikan Rifa’i Tajudin, Susman Hadi, atau Dodi Martian sebagai calon wakil— bisa dibijaki.

Hartawan juga dikabarkan sudah mengantongi pengusung cukup dan pasti, yakni Partai Amanat Nasional (tiga kursi) dan  Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (dua kursi). Sejauh ini, belum tampak upaya kubu Hartawan menambah daftar parpol pengusung.

Dibaca dari latar belakang profesinya, Rika Yohan jelas sudah lama merangkul erat Partai Persatuan Indonesia (satu kursi).

Sehingga tersisa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (tiga kursi), Partai Gerakan Indonesia Raya (tiga kursi), dan Partai Demokrat (empat kursi). Siapa tambatan hati tiga “parpol gendut” ini?

Seorang pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bengkulu Selatan mengatakan, pihaknya sudah melakukan penjajakan awal ke seluruh kader. Memang belum ada kesepakatan atau keputusan final, masih berproses.

“Walaupun Budiman menggandeng Helmi Paman (kader PDI Perjuangan-red) sebagai calon wakil, bukan jaminan perahu akan ke dia. Malah sekarang lebih cenderung ke Rika,” ujarnya dalam sesi jajak pendapat independen digelar TheBlusukan.com bersama Serunting Institute, underbow Ronin’98 Group, Jum’at (20/3/2020) siang.

Pria ini menegaskan, belum ada pula gambaran PDI Perjuangan akan mengajukan syarat —seperti Partai Golkar— untuk bisa memakai perahu moncong putih ini.

Pendapat senada diutarakan salah satu politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Menurut dia, parpol besutan Prabowo Subianto ini belum terfikir berkoalisi dengan parpol pengusung petahana. Sementara berdasarkan rating hasil pengamatan internal, Rika tetap memperoleh tempat layak di mata Gerindra.

Sementara itu, arah kiblat Partai Demorat belum terbaca hingga kini. Segenap fungsionaris “parpol tetangga” menilai, hanya di sini peluang Budiman.

Di luar arena parpol, sumber TheBlusukan.com di internal Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan, kans lolosnya tiga pasangan Balon yang mendaftar melalui jalur independen cenderung menipis.[een]

banner 970180

Related posts

banner 970180