Penyebar Hoax Pilkada Dipolisikan, Hidayat: Covid-19 Ingatkan Semua Pihak Menahan Diri

  • Whatsapp
Hidayat SPd MM
Balon Bupati Bengkulu Selatan, Hidayat SPd MM.
jadwal-sholat

BENGKULU SELATAN | TheBlusukan.com Bakal Calon (Balon) Bupati Bengkulu Selatan, Hidayat SPd MM mengingatkan segenap pendukungnya tidak terprovokasi kabar tidak benar (hoax) dirinya akan berpasangan dengan Dewi Sartika alias Rika Yohan.

“Itu tidak benar (mejadi calon wakil bupati mendampingi Rika-red), sejauh ini saya dan tim relawan belum pernah komunikasi, bahkan belum pernah terfikir nyalon sebagai wakil. Saya sudah arahkan seluruh simpul relawan di tingkat kecamatan dan desa memutus sebaran hoax ini. Supaya masyarakat tidak dibuat bingung dan akhirnya antipati,” ujarnya kepada TheBlusukan.com, Jum’at (27/3/2020) malam.

Read More

banner 970180

Mantan Camat Kedurang ini mengaku, dirinya juga sudah memanggil secara khusus oknum pengurus Relawan Hidayat Cabang Kecamatan Manna —sebelumnya dikabarkan berencana melaporkan pemimpin salah satu media online yang diduga sebagai biang kerok hoax tersebut— dan menasehatinya agar tidak bereaksi gegabah.

“Kalau soal lapor-melapor, itu hak tiap warga negara demi mencari keadilan, tim dan bahkan saya tidak berhak melarang. Tapi dalam konteks ini, saya sudah minta yang bersangkutan (oknum relawan-red) memaafkan saja, jangan diperpanjang. Masih banyak hal produktif yang butuh perhatian relawan,” ungkapnya.

Menurut Hidayat, upaya bersama pencegahan masuknya Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) ke Provinsi Bengkulu, khususnya Kabupaten Bengkulu Selatan, jangan sampai diabaikan dan terlupakan akibat isu politik. Termasuk perhatian pihak berwajib sebagai penerima laporan nantinya, juga sedang terkonsentrasi pada pandemi Covid-19 tersebut.

“Relawan agar lebih produktif dan bermanfaat bagi masyarakat, saat ini dikerahkan membantu pihak berkompeten menghimbau masyarakat menangkal corona dengan mengkampanyekan perilaku hidup sehat dan sanitasi lingkungan di wilayah masing-masing,” timpalnya.

Hidayat menilai, langkah ini pun perlu dilakukan para kandidat lain, bahu-membahu bersama masyarakat melepaskan diri dari kesulitan ini. Bukan hanya tampil membawa angin surga saat situasi baik-baik saja.

“Kini masyarakat butuh pendampingan, kita kesampingkan dulu urusan politik. Bisa dikatakan, janji-janji politik para kandidat saat ini sudah ditagih lebih awal oleh keadaan (Covid-19-red). Tapi jangan pula ‘numpang panggung’ di pentas corona ini,” ajaknya.

 

Batal Lapor Polisi?

Meski belum bisa memastikan rencana melaporkan pimpinan salah satu media online —kepada Polres Bengkulu Selatan— dibatalkan, Hidayat yakin kalangan relawan memahami maksud himbauan menahan diri demi kepentingan bersama yang bersifat lebih mendesak.

Pantauan terkini TheBlusukan.com, kesiapan Hidayat mengikuti Pilkada Bengkulu Selatan mulai menampakkan progres signifikan. Tim relawan —dari kabupaten hingga ke seluruh desa dan kelurahan— sudah terkoneksi dan bersinergi.

Sementara posko induk di Jalan Canada, Ibul, Manna, mulai ditata dan dilengkapi perangkat digital mirip suasana ruang tabulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Di tempat inilah, surat rekomendasi DPP salah satu parpol pengusung Hidayat tersimpan rapi.

“Kami sudah sampai pada tahap pemetaan dan registrasi calon pemilih, pemantauan infiltrasi pihak lawan (menggunakan aplikasi khusus-red) dan bahkan sudah menyiapkan antisipasi kemungkinan kecurangan pasca pemungutan suara,” kata salah satu koordinator tim relawan, Sabtu (28/3) pagi.

Hingga berita ini ditayangkan, pimpinan media online calon terlapor masih dalam upaya dikonfirmasi.[ima]

banner 970180

Related posts

banner 970180