Ramai-ramai Sukseskan Sensus Penduduk, Relawan BRO Pasang Ratusan Baliho

  • Whatsapp
Relawan BRO pasang baliho himbauan partisipasi warga menyukseskan sensus penduduk 2020
Di bawah guyuran hujan deras, Tim Relawan BRO tetap melanjutkan pemasangan baliho himbauan partisipasi warga menyukseskan sensus penduduk 2020.
jadwal-sholat

BENGKULU | TheBlusukan.com Peran aktif Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersosialisasi, diharapkan mampu memantik implikasi positif terhadap tugas Badan Pusat Statistik (BPS) dalam sensus penduduk tahun 2020 di daerah itu.

Tujuan yang ingin dicapai Pemprov dari partisipasi ini adalah diperolehnya validasi data kependudukan terkini, sehingga memudahkan orientasi dan pemerataan program pembangunan daerah.

Read More

banner 970180

Sensus penduduk 2020 secara online dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret mendatang. Berikutnya, 1-31 Juli akan dilaksanakan tahapan sensus wawancara, sebagai antisipasi tercecernya data warga yang belum mengakses secara online.

Pantauan Desa.zone (grup TheBlusukan.com) kurun lebih sebulan terakhir, upaya Pemerintahan Gubernur Rohidin Mersyah memotivasi peran serta seluruh masyarakat Bumi Rafflesia mengikuti sensus penduduk —secara online dan offline— tidak dilakoni sendirian. Ratusan Relawan Bersama Rohidin Oke (BRO) turut berinisiatif mem-back up peran di lapangan, bahkan hingga kawasan pedalaman.

Peran tersebut berupa pemasangan ratusan baliho berisi imbauan partisipasi sensus penduduk, diiringi sosialisasi dua arah terkait manfaatnya bagi pembangunan Provinsi Bengkulu.

Dikonfirmasi TheBlusukan.com di markasnya, Ketua Umum Tim Relawan BRO, Yulios Kelana Saputra tidak memberi jawaban gamblang terkait jumlah baliho/spanduk yang telah mereka pasang di 10 kabupaten/kota. “Gak usah dihitunglah, masih dikit. Kita cuma ikut serta aja, partisipasi bantu gubernur,” akunya merendah, Kamis (20/2/2020) sore.

Os, sapaan karibnya, memberi sedikit bocoran di Kabupaten Mukomuko sudah terpasang 105 titik dan terus bertambah hingga ke pelosok. “Wajar relawan antusias (memberi dukungan konkret setiap gebrakan Rohidin-red) tanpa diminta. Sebab dalam waktu singkat kepemimpinan beliau sudah membawa Bengkulu berkemajuan, dan ini sangat layak didukung,” paparnya.

Lebih jauh Os menjelaskan, sejak dikukuhkan 12 November 2019 Relawan BRO selalu konsisten mengawal program pembangunan Pemprov Bengkulu, agar maksud dan target program tersebut benar-benar menyentuh lapisan masyarakat sebagai penerima manfaat pembangunan.

Cuplikan dokumentasi Relawan BRO membantu Pemprov Bengkulu sosialisasi sensus penduduk 2020.
Cuplikan dokumentasi Relawan BRO membantu Pemprov Bengkulu sosialisasi sensus penduduk 2020.

Berbeda dengan lima perkumpulan/tim lainnya —RBM, RBS, Keluarga Rohidin, Sahabat Rohidin, dan Kance Rohidin— yang lebih berorientasi pada politik praktis pemenangan Rohidin Mersyah pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun ini, Relawan BRO —lebih dulu terbentuk dan dikukuhkan— justru tetap terfokus pada dukungan menyukseskan program pembangunan yang diemban Gubernur Rohidin dalam sisa masa jabatannya.

Melalui sejumlah forum kajian, termasuk dalam grup whatsapp, mayoritas kalangan Relawan BRO meyakini, laju langkah Rohidin ke periode kedua takkan terbendung kalau target pembangunan periode pertama ini tercapai maksimal.[ben]

banner 970180

Related posts

banner 970180