Ribuan Relawan BRO Diimbau Pantau Korban Terdampak Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Relawan BRO Kabupaten Kepahiang bagikan masker gratis
Relawan BRO Kabupaten Kepahiang bagikan masker gratis
jadwal-sholat

BENGKULU | TheBlusukan.com Ketua Umum Relawan Bersama Rohidin Oke (BRO) Yulios Kelana Saputra mengimbau seluruh simpul relawan di 10 kabupaten/kota lebih memfokuskan perhatian kepada masyarakat terdampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Mempertegas kembali, sekarang perhatian kita lebih terfokus pada penanggulangan Covid-19. Kalau memang masih ada nuansa politik yang menghantui, abaikan dulu. Keselamatan masyarakat Provinsi Bengkulu jauh lebih penting,” ujarnya, Selasa (7/4/2020) sore.

Read More

banner 970180

Pimpinan Umum Brigade88.com ini memaparkan, program aksi yang relevan kini adalah membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mencegah perluasan daya tular Covid-19 dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya berperilaku hidup sehat, memperhatikan sanitasi lingkungan, serta mengindahkan anjuran pemerintah selama masa social distancing.

Aksi “kampanye” demikian, lanjut Os, sapaan karibnya, tidak selalu harus keluar-masuk desa seperti sering mereka lakukan sebelum social distancing diberlakukan. Mengadvokasi dengan kalimat-kalimat santun/persuasif melalui jejaring sosial saja sudah berdampak baik.

“Selain berbentuk himbauan secara massif, aksi konkret berupa penyaluran bantuan juga baik. Misalnya yang baru saja dilakukan Tim Relawan BRO Kabupaten Kepahiang tadi pagi, ribuan masker dibagikan kepada pengguna jalan. Tim Relawan di kabupaten lain bisa meniru ini,” ungkapnya.

Terkait sebentar lagi Pemprov Bengkulu akan menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 —kalangan miskin dan kurang mampu— Os menilai strategisnya peran Relawan BRO memantau distribusinya di daerah masing-masing agar tepat sasaran.

Jika Relawan BRO kabupaten/kota menemukan kendala dan atau hal kurang wajar dalam penyaluran tersebut, Os meminta segera dilaporkan kepada pengurus BRO pusat, agar bisa diteruskan kepada Pemprov guna segera ditindaklanjuti.

Pemprov juga sudah membuka rekening donasi, Relawan BRO juga bisa berperan memotivasi para donatur memanfaatkan kemudahan itu untuk berpartisipasi menopang daya melawan Covid-19 di Provinsi Bengkulu.

“Gagasan pendirian Tim Relawan BRO berangkat dari panggilan membantu Gubernur Rohidin Mersyah mewujudkan semua program pembangunan. Karena sekarang program itu sedang ‘diganggu’ corona, maka ramai-ramai kita bantu singkirkan, agar program pembangunan berjalan normal kembali,” tutupnya.

Dikabarkan, pekan lalu Tim Relawan BRO Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) bersama DESA.zone juga telah melakukan aksi bagi-bagi masker gratis di kawasan desa perbatasan BS-Pagaralam (Sumsel), perbatasan BS-Seluma dan perbatasan BS-Kaur.

Pemilihan kawasan pinggiran ini, setelah melihat pembagian masker gratis oleh Pemkab setempat lebih terorientasi dalam ibukota kabupaten saja. Sementara “jatah” di desa-desa, masih harus menunggu dianggarkan pemerintah desa masing-msing.[lim]

——————–/

Klik DI SINI untuk menyimak ulasan berikutnya terkait giat Relawan BRO peduli masyarakat terdampak pandemi COVID-19

 

banner 970180

Related posts

banner 970180