Sensus Online Dimulai, Pemprov Imbau Partisipasi Seluruh Warga Bengkulu

  • Whatsapp
Sensus penduduk secara online
Gubernur Bengkulu (ketiga dari kiri) mengikuti sensus penduduk secara online.
jadwal-sholat

BENGKULU | TheBlusukan.com  Badan Pusat Statistik (BPS) mulai melaksanakan sensus penduduk ketujuh, atau sensus penduduk pertaama secara online. Terobosan ini diyakini sebagai langkah memudahkan proses sensus, apalagi memasuki era industri 4.0.

Sensus penduduk 2020 secara online dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret mendatang. Berikutnya, 1-31 Juli akan dilaksanakan tahapan sensus wawancara, sebagai antisipasi tercecernya data masyarakat yang belum mengakses secara online.

Read More

banner 970180

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu, Dyah Anugrah Kuswardani mengatakan, akses sensus penduduk online 2020 di Bengkulu diawali dengan Gubernur Rohidin Mersyah, Wakil Gubernur Dedy Ermansyah, unsur Forkopimda, OPD dan instansi vertikal.

Hal ini sebagai upaya menarik minat masyarakat, sehingga turut melakukan sensus online. “Kita di sini bersama pimpinan daerah, mengakses data secara mandiri untuk sensus penduduk secara online. Semoga dengan kegiatan ini, minat masyarakat berpartisipasi dalam sensus online bertambah besar,” harapnya.

Menurut Dyah, sinergitas BPS dengan Pemprov Bengkulu berlangsung sangat baik. Sensus ini dilaksanakan setiap 10 tahun, dan pada setiap kesempatan BPS selalu mendapat dukungan. Pada sensus penduduk online ini, Pemprov juga turut mensosialisasikan kepada masyarakat.

“BPS dan Pemprov selalu bersinergi, bahkan dalam hal sosialisasi Pemprov sudah melakukannya dalam bentuk himbauan. Dengan harapan, sensus penduduk berlangsung lancar dan aman, menghasilkan data valid,” tambahnya.

Sementara, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menuturkan, era sekarang semua serba teknologi, dan masyarakat perlu mengikuti perkembangan tersebut. Pada sensus penduduk 2020 ini, masyarakat dapat secara mandiri berpartisipasi mengisi data dirinya secara online.

“Di zaman serba digital ini, sensus penduduk online bukan hal aneh dan baru bagi kita. Sekarang setiap aktifitas kita selalu berhubungan dengan teknologi. Cara akses sensus ini juga sangat mudah sekali, kita tinggal mengisi data sesuai tertera di kartu keluarga,” jelasnya.

Belum lama ini, Rohidin juga menyampaikan harapannya semua warga Provinsi Bengkulu dapat terdata dan tercatat melalui sensus tahun ini. Dengan data lengkap dan valid, tentu akan memudahkan pemerintah memetakan program, sehingga dapat merasakannya secara merata dan tertata.

“Saya berharap betul, sensus penduduk ini terlaksana dengan baik, dan kita mendapatkan data dengan benar dan seluruh warga Bengkulu terdata. Jadi tidak ada lagi nanti istilah perbedaan data, atau di kemudian hari masyarakat merasa tidak terdata, ketika dicek tidak masuk dalam data kependudukan. Ini jangan sampai terjadi,” tegasnya[iac]

banner 970180

Related posts

banner 970180