Siapkan APD Petugas Pilkada, KPU Tunggu Tambahan Anggaran dari Pusat

  • Whatsapp
Rakor KPU bersama Forkopinda Bengkulu
Rakor KPU bersama Forkopinda Bengkulu, Jum'at (19/6).
jadwal-sholat

BENGKULU | TheBlusukan.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu telah mengajukan permohonan penambahan anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak kepada pemerintah pusat.

Penambahan itu terkait pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) petugas penyelenggara dan keamanan selama Pilkada digelar dalam situasi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Read More

banner 970180

Demikian diutarakan Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra saat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu, Tim Gugus Tugas Covid-19, Bawaslu, Polda dan Kejati, di kantornya, Jum’at (19/6/2020).

“Kita mengundang berbagai pihak untuk meminta masukan terkait pelaksanaan Pilkada serentak nanti dalam kondisi Covid-19, agar dapat memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya usai memimpin Rakor.

Menurut Irwan, Rakor ini baru sebatas menjabarkan rencana pelaksanaan Pilkada kepada pihak terkait. Teknis selanjutnya akan dilaksanakan rapat koordinasi kembali.

Irwan berharap, usulan tambahan dana untuk pelaksanaan Pilkada serentak dapat terealisasi, sehingga pelaksanaan Pilkada serentak dapat berjalan lancar dan aman resiko penularan Covid-19.

“Kepentingan saat ini, dibutuhkan dana tambahan untuk membeli APD sebesar Rp 12 miliar. Kita berharap bantuan dapat dipenuhi dan berbentuk barang, usulan kita seperti itu,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melalui Plt Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Supran menegaskan, Pemprov Bengkulu mensuport dari sisi pendanaan, karena untuk penyelenggaraan itu domainnya KPU.

Pemprov juga berharap usulan dana tambahan untuk pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Bengkulu dapat diwujudkan pemerintah pusat, mengingat kondisi keuangan daerah saat ini minim akibat terserap untuk penanganan Covid-19.

“Maka diharapkan dana APBN dapat menanggulanginya. Sehingga pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Bengkulu nanti dapat berjalan sukses, lancar, aman dan sesuai protokol kesehatan,” pungkasnya.[man]

banner 970180

Related posts

banner 970180